Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Dibalik  Kelangkaan dan Melonjaknya Harga Gas Elpiji 3 Kg

Dibalik  Kelangkaan dan Melonjaknya Harga Gas Elpiji 3 Kg

Oleh:Hamma, S.Sy

Beberapa pekan terakhir  ini kita digemparkan dengan kelangkaan Tabung Gas Elpiji 3 kg.  Seiring dengan itu pula harga yang dikeluarkan pemerintah Rp.17.000/ tabung (isi ulang) tiba-tiba melonjat tinggi menjadi Rp. 25.000 –sasmpai  27.000/ tabung.  Hal ini sesuai fakta yang saya lihat dilapangan dimana para pedagang ini memanfaatkan situasi,  memainkan harga elpiji .

Sekitaran  Kelurahan  Rangas, harganya  bisa mencapai Rp.27.000/tabung, di  Kelurahan  Simboro Rp.25.000/tabung, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.  Jadi ada pemanifulasian harga tidak sesuai antara dua tempat tersebut. Padahal diketahui bahwa Tabung Gas Elpiji 3 Kg ini merupakan bentuk subsidi pemerintah kepada masyarakat miskin, peruntukannya memang betul-betul untuk masyarakat yang berkategori  miskin.

Olehnya itu untuk mengantisipasi kelangkaan dan melonjatnya harga tersebut, maka diperlukan campur tangan Pemerintah melalui Disperindag bekerjasama dengan  Dewan Perwakilan Rakyat  Kabupaten, atau instansi terkait  untuk turun langsung kelapangan melihat dan mencari solusi terbaik apa penyebab kelangkaan dan menegur para pedagang yang seenaknya menaikkan harga elpiji tersebut.

Dikhawatirkan jangan sampai terjadi kelangkaan  seperti ini  ada oknum yang memanfaatkan  situasi mengambil untung besar,  bermain harga dengan menyimpan dan menimbun gas elpiji  subsidi pemerintah ini.

Selain daripada itu pemerintah untuk senantiasa mengadakan pengawasan terhadap disetiap pangkalan-pangkalan  elpiji tujuannya, selain meminimalisir kejadian yang tak di inginkan dilapangan, juga untuk memutus rantai jaringan antara pangkalan dengan pelaku usaha yang nakal.

Penulis adalah:  Aktivis lembaga Pencegahan,Pengawasan Investigasi Tindak pidana korupsi ( LP2I Tipikor)

 

524 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

One Response

  1. cat hatSeptember 19, 2019 at 3:31 pmReply

    I have been examinating out many of your articles
    and i must say pretty clever stuff. I will definitely bookmark your website.

Tinggalkan Balasan

Dibagikan