Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Darurat Narkoba, 250 Ton Sabu Beredar Leluasa di Indonesia

Darurat Narkoba, 250 Ton Sabu Beredar Leluasa di Indonesia

JAKARTA, MENIT7.com – Indonesia benar-benar darurat narkoba. Setidaknya 250 ton sabu asal China beredar leluasa di Indonesia. Data sebesar itu diperoleh Badan Narkotika Nasional (BNN) dari otoritas China pada 2016 silam.

“China pada 2016 memasukkan (narkotika) karena jaringan di Indonesia memesan dan membeli di China 250 ton sabu. Yang masuk 250 ton itu data yang diberikan China kepada kita dan itu tidak terbantahkan. Supply besar karena demand juga besar,” ujar Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso di Gedung BNN, Jakarta Timur, Selasa (20/2/2018) lalu.

Apalagi, kata Buwas, di Indonesia banyak jaringan dan kartel-kartel yang terus melakukan kegiatannya akibat tingginya permintaan pasar. Bahkan, banyak tempat hiburan malam yang didatangi oleh intelijen BNN mengungkapkan hampir separuhnya terdapat peredaran barang haram tersebut.

“Yang saya sudah buktikan 81 diskotik itu saya ambil random dan yang lainnya sudah membuktikan bahwa 36 tempat yang saya cek dengan saya menggunakan orang lain membeli narkoba di diskotik itu terbukti semua,” ujar dia.

Karena kondisi itu maka masalah narkoba terus menjadi perhatian bagi Kepala BNN yang akan pensiun pada awal Maret itu.

Buwas juga mencontohkan bahwa Indonesia berbanding terbalik dengan Amerika dimana kartelnya saling berebut mencari pasar, sedangkan di Indonesia bahkan di satu diskotik bisa ada beberapa kartel.

“Kartel atau jaringan atau mafia tidak bertempur seperti di Amerika karena disana mereka carinya pasarnya susah, kalau Indonesia tidak. Di diskotik ada beberapa jaringan karena pasarnya banyak,” ungkapnya.

Buwas mengatakan, bahwa komitmen serius untuk menangani masalah narkoba merupakan poin penting guna menghapuskan barang haram itu dari Indonesia. Tingginya permintaan dari Indonesia membuat Indonesia justru menjadi laboratorium narkoba jenis dan model baru yang kini mulai beredar yakni ekstasi jenis cair di Diskotik MG yang berhasil ditangani BNN.#Sdn/M7.

2,080 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan