Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Cegah Kebakaran Hutan, BPBD Kaltara Susun Draf Pergub

Cegah Kebakaran Hutan, BPBD Kaltara Susun Draf Pergub

TANJUNG SELOR, MENIT7.com – Dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran huta dan lahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Utara, menggelar Forum Group Discustion (FGD) dengan menghadirkan narasumber dari Yayasan Prakarsa Borneo Samarinda, Kalimantan Timur, di Hotel Crown Tanjung Selor, Senin (06/11/2017).

Kalimantan Utara yang memiliki kawasan hutan lebih luas dibandingkan dengan luas daratan yang dimiliki, sangat berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan, mengingat provinsi termuda di Indonesia ini  terdapat hutan lindung dan Taman Nasional Kayan Utara.

Kepala BPBD Kaltara Mohammad Pandi mengakui, di Kaltara masih ada masyarakat yang menggunakan pola berladang berpindah-pindah sehingga masih sangat rentang adanya pembakaran lahan. Namun demikian tegas Pandi, masyarakat pedalaman Kaltara masih memegang kuat kearifan lokal yang mereka miliki untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan hutan dengan tidak melakukan penebangan pohon secara serampangan.

“Para petani masih mengutamakan keutuhan hutan dengan cara membuat sekat bakar.  Salah satunya seperti pola matahari yaitu merobohkan tanaman ke tengah sehingga api tidak melebar,” ujar mantan Kadishub Kabupaten Malinau ini.

Upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, Yayasan Prakarsa Borneo bersama stakeholder terkait mengadakan, Forum Group Diskusi (FGD) tentang Penyusunan draf Rancangan Peraturan Gubernur (Pergub) Sistem Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan. Ketua Yayasan Prakarsa Borneo M. Nasir, SH., MH. mengatakan, telah beberapa kali melaksanakan FGD terkait pembahasan kebakaran hutan dan lahan, terakhir pembahasan di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Karenanya, ia mengharapkan pelaksanaan FGD hari ini (Senin, 6/11) merupakan yang terakhir dilakukan pembahasan sebelum dimasukkan ke Biro Hukum untuk segera diterbitkan Pergubnya.

“Kita berharap ini sudah masuk tahap yang terakhir untuk dilakukan pembahasan terkait masalah Pergub pengendalian kebakaran hutan dan lahan yangvsekarang sedang dibahas ini”, tandas Nasir. #Agustian/ Imam/M7.

3,032 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan