Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Buwas: Percuma Tangkap Bandar Narkoba

Buwas: Percuma Tangkap Bandar Narkoba

MENIT7.com – Pernyataan mengejutkan dilontarkan mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Budi Waseso. Dia mengatakan, penangkapan terhadap bandar narkoba hanya pekerjaan sia-sia. Mengapa?

Menurut Buwas, sapaan Budi Waseso, anggota BNN bersama instansi lainnya sudah bekerja keras menangkap para bandar narkoba. Namun, saat dijebloskan ke penjara, para bandar narkoba tersebut justru dengan leluasa mengendalikan jaringan narkotika dari balik lapas.

“Ini sebenarnya pekerjaan sia-sianya BNN. Ini kenapa saat dimasukkan ke lapas, bekerja lagi. Jadi hanya berganti, tetapi kami tidak bisa menangkap di lapas karena bukan kewenangan kami,” ujar Buwas kepada wartawan pada serah terima jabatan di Jakarta, Senin (5/3/2018).

Buwas menambahkan, ada bandar narkoba yang sudah dua kali divonis hukuman mati, namun masih mengendalikan jaringan narkotika dari penjara. Hal itu terjadi karena eksekusi tidak dijalankan dan pengawasan di lapas masih minim.

Buwas resmi melepas jabatan kepada penggantinya Irjen (Pol) Heru Winarko. “Kalau masih begini, nanti Pak Heru juga akan keteteran,” tambah mantan kepala Bareskrim Polri itu.

Sepanjang 2017, Badan Narkotika Nasional (BNN) mencatat, 58.365 orang orang ditangkap dan dijadikan tersangka kasus narkotika. Sementara itu, 79 orang ditembak dengan peluru tajam hingga tewas.

Data ini merupakan hasil kerja sama dengan Polri, TNI, dan Bea Cukai. BNN mencatat ada 46.537 kasus narkoba dan 27 kasus yang terkait dengan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Lebih dari 90 persen kasus narkotika dikendalikan dari dalam lapas. Adapun barang bukti yang disita adalah 4,71 ton sabu; 151,22 ton ganja; 2,9 juta ekstasi; dan 627,84 kilogram ekstasi.#Ist/M7.

1,906 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

49 Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan