Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Bupati KSB Menjadi Ketua Tim Perekrutan Naker, Tuai Protes

Bupati KSB Menjadi Ketua Tim Perekrutan Naker, Tuai Protes

SUMBAWA BARAT, MENIT7.com – Terkait adanya pro kontra di media sosial menjadi viral atas langkah Bupati Sumbawa Barat, Musyafiri, selaku ketua tim bersama perekrutan 819 karyawan PT. MacMahon Indonesia. Bupati akhirnya angkat bicara menanggapi desas-desus yang berkembang terkait keterlibatannya dalam tim perekrutan ketenagakerjaan tersebut.

Keterlibatannya diyakini tidak berbenturan dengan aturan tetapi memiliki asas manfaat baik kepada daerah maupun masyarakat.

Bupati melalui Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas), Abdul Muis menanggapi kepada media, Jum’at (15/12/2017) dengan santai menjawab, bahwa  apa yang dilakukan oleh bupati sebagai ketua tim perekrumen tenaga kerja PT McMahon, adalah langkah yang positif.

“Biarkan saja untuk memotivikasi kerja tim yang lebih baik,” kata Muis.

“Jangan menanggapi negatif keterlibatan bupati, apa yang dilakukan oleh bupati sangat  dan ini semua demi kemasyatan umat dan kepentingan rakyat yang bermanfaat bagi masyarakat , dan bupati tetap kepada prinsipnya untuk memegang teguh amanat tersebut,” kata Muis.

Bupati juga sangat berharap banyak kepada  masyarakat dan semua stakeholder untuk selalu mengawasi proses perekrutan tenaga kerja ini tanpa adanya kepentingan pribadi maupun golongan, dengan mengedepankan prioritas masyarakat local Sumbawa barat untuk dapat bekerja di perusahaan tambang tersebut

“Kalaupun proses perekrutan ini berhasil maka masih ada aliansi power plan yang akan membutuhkan tenaga kerja dan juga termasuk aliansi industri hilir yang walaupun akan dipekerjakan di sub kontraktor,”  jelas bupati , kata Muis

Bupati juga menyarankan bagi yang belum memiliki skill untuk warga Sumbawa Barat akan tetap diperjuangkan dan begitu pun bagi yang ada skill itupun akan diprioritaskan, dan perlu diingat bahwa proses perekrutan tenaga kerja tersebut oleh tim bersama akan diawasi oleh pihak kepolisian maupun TNI.

Muis juga menambahkan, Ia menambahkan dalam melakukan perekrutan tenaga kerja bahwa Tim bersama akan melakukan secara transparan agar tidak ada kecemburuan sosial dan menghindari praktik kecurangan.

“Kebutuhan perusahaan akan tenaga kerja harus transparan, kalau tidak, ini bisa saja dimanfaatkan calo atau penerimaan internal oleh perusahaan itu sendiri, kan kasihan masyarakat. Ini juga butuh pengawasan dari semua pihak ,” tegasnya.

Bupati tidak mau kalau  banyak tenaga kerja lokal hanya menjadi “penonton” saja padahal perusahaan tersebut berdomisili di wilayah Sumbawa Barat, ika ini dibiarkan, lanjut dia, akan muncul gejolak di masyarakat yang menprotes terhadap perusahaan yang menjaring mayoritas pekerja luar daripada putera daerah.

Sementara itu, Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin ST , menilai bahwa akan memastikan apa yang dilakukan perusahaan itu sudah sesuai prosedur, karena ini perusahaan baru dan harus diawasi segala kemungkinan dan mengantisipasi dalam memberikan hak yang sama kepada seluruh masyarakat Sumbawa Barat.

“Jadi jangan disalah artikan apa yang dilakukan oleh bupati, bukan masalah reputasinya akan turun, akan tetapi harus dilihat dari ketaqwaan pemimpin dalam menjalankan kepentingan hak-hak masyarakat , bukan dinilai dari sebuah jabatan,“ jelas Fud

Menurut Fud, bahwa proses perekrutan ini akan menjadi pelajaran untuk kedepan agar dapat dipastikan perekrutan ini bisa berjalan secara transparan adil dan merata

Saya tegaskan , apabila ada oknum yang berani bermain-main atas perekrutan ini , baik itu ASN dan pihak perusahaan maka akan dipecat langsung dan memproses secara hukum ,” tegas Fud dengan nada mengancam. #Edi Chandra.

4,358 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

52 Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan