Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

BPBD Sulbar Ikut PRB di Medan

BPBD Sulbar Ikut PRB di Medan

Medan,Menit7.com –– Badan Nasional Penanggulangan Bendacana (BNPB) menyelenggarakan kegiatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) di Kota Medan. Kegiatan di mulai 21 hingga 26 oktober 2018, di ikuti Oleh Seluruh Instansi BPBD Kabupaten se-Indonesia.

Salah satu peserta dalam kegiatan tersebut adalah BPBD Provinsi Sulawesi Barat. Kegiatan ini rencananya akan membahas berbagai hal tentang Pengurangan Resiko Bencana (PRB).

Kepala BPBD sulbar, H. Darno Madjid mengatakan Kegiatan Bulan PRB tersebut akan membahas tentang Pemulihan ekonomi melalui kemitraan lembaga usaha, Pemahaman resiko bencana, Manajemen resiko bencana, peningkatan kesiap siagaan bencana utk respon yg efektif, perlindungan cagar budaya pengelolaan resiko bencana,.peran perguruan tinggi dalam memastikan ketangguhan yang berkelanjutan dimasyarkat”, Katanya melalui pesan WhatsApp, (22/10/2018).

Pameran ini juga menampilkan produk -produk daerah sehingga bisa menjadi ajang pengenalan prroduk unggulan daerah.

Lajut Darno, kegiatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) merupakan suatu konsep dan praktik untuk mengurangi risiko-risiko bencana melalui berbagai upaya yang sistematis untuk menganalisis dan mengelola faktor-faktor penyebab bencana, termasuk melalui pengurangan keterpaparan terhadap ancaman bahaya, pengurangan kerentanan penduduk dan harta benda, pengelolaan lahan dan lingkungan secara bijak, dan peningkatan kesiap-siagaan terhadap peristiwa-peristiwa yang merugikan, untuk itu ink sangat baik dan sangat positif untuk pengetahuan karena banyak ilmu yang diperoleh walaupun baru hari pertama”.

PRB merupakan rangkaian upaya yang dilakukan secara sistematis untuk menganalisis risiko-risiko dampak bencana terhadap kehidupan dan penghidupan manusia.

Sejak Tahun 2009, UNISDR (United Nations International Strategy for Disaster Reduction) menetapkan tanggal 13 Oktober sebagai hari peringatan PRB internasional sebagai pengingat bersama atas kemajuan, keberhasilan, dan capaian dalam meningkatkan ketangguhan bencanas
Seperti diketahui di Indonesia, bulan peringatan PRB telah menjadi agenda nasiontelah dilaksanakan secara berturut di berbagai kota besar yaitu di Kota Mataram, NTB (2013), Kota Bengkulu (2014), Kota Surakarta, Jawa Tengah (2015), Kota Manado, Sulawesi Utara (2016), dan Sorong, Papua Barat (2017). (ucheng)

2,920 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan