Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

BNPB-RI Segera Bentuk F-PRB di Kaltara

BNPB-RI Segera Bentuk F-PRB di Kaltara

TARAKAN, MENIT7.Com- Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia (BNPB-RI) mendorong segera terbentuknya Forum Pengurangan Resiko Bencana (F-PRB) di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), sebagai wujud perpanjangan tangan BPBD di daerah dalam pelibatan masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian terhadap bencana.

Direktur Pemberdayaan Masyarakat, Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, DR. Raditya Jati, pada acara pembukaan inisiasi pembentukan F-PRB mengatakan, penanganan terhadap korban bencana alam merupakan tanggungjawab semua pihak, bukan tanggungjawab pemerintah semata. Karena itu partisipasi masyarakat dan swasta sangat dibutuhkan sebagai garda terdepan dalam membantu pemerintah menangani korban bencana alam, guna mengurangi banyaknya korban jiwa dan materil.

“Membantu sesama manusia sudah menjadi kewajiban kita untuk membantunya, apalagi mereka yang terkena bencana alam sudah seharusnya kita turun memberikan bantuan baik tenaga maupun materil,” di Hotel Padmaloka, Tarakan, Rabu (18/10/2017).

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Kalimantan Utara, Muhammad Phandi menyampaikan, inisiasi yang difasilitasi BNPB bertujuan membentuk F-PRB Provinsi Kaltara.

“Dengan terbentuknya forum tersebut, diharapkan kedepannya mampu berperan aktif membantu masyarakat yang menjadi korban bencana alam, mengingat tugas kemanusian bukan tanggungjawab pemerintah saja, tapi menjadi tanggungjawab bersama,” ujar mantan Kadishub Malinau ini.

Dikatakan, pihaknya akan bekerjasama dengan BPBD Kabupaten/ Kota se Kaltara, lembaga swasta dan masyarakat, sehingga pencegahan bencana di Kaltara bisa lebih maksimal.

Inisiasi pembentukan Forum PRB, dihadiri 40 orang peserta dari berbagai unsur, instansi pemerintah, swasta, media, Ormas, OKP dan LSM. #Imam/Agustian/M7

3,426 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

48 Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan