Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

APBN Kurang, Pemerintah Dorong Swasta Lanjutkan Proyek Kereta Api

APBN Kurang, Pemerintah Dorong Swasta Lanjutkan Proyek Kereta Api
Menteri Perhubungan Saat Meninjau Jalur Kereta Api di kabupaten Barru. ( foto amad)

BARRU,MENIT7.Com – Pemerintah memastikan Proyek Kereta Api (KA) trans Sulawesi tetap akan berjalan. Namun anggaran APBN yang telah disiapkan oleh pemerintah dianggap tidak cukup. Anggaran yang dibutuhkan untuk jalur KA Makassar Maros mencapai Rp9 triliun.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi,saat meninjau proyek KA di Kabupaten Barru, Jumat, 27 Oktober sore mengatakan, beban anggaran untuk pembangunan jalur kereta api sepanjang 47 kilometer dari Kecamatan Soppeng Riaja di Barru hingga Pare-pare, masih membutuhkan dana APBN sekitar Rp1,6 triliun. Namun secara keseluruhan Maros-Parepare diperkirakan mencapai Rp9 triliun.

“Beban APBN cukup banyak makanya pihak swasta akan dilibatkan dalam proyek ini dan mudah-mudahan bisa di fungsikan awal tahun 2019 mendatang,”jelasnya.

Pemerintah lanjut dia akan menggandeng pihak ketiga yaitu swasta untuk mengurangi beban APBN. Dana sebesar itu sangat kurang, jika berharap dari anggaran pendapatan dan belanja negara. “Pihak investor akan kita undang untuk ikut ambil bagian demi mempercepat progres pembangunan rel kereta api jalur Parepare -Makassar,” kata Budi.

Menhub yang datang dengan menggunakan pesawat helikopter langsung mendarat di Lapangan Soppeng Riaja dan disambut Plt Bupati Barru Suardi Saleh dan unsur Forkopimda dan pihak Satker Proyek KA.

Hasil pantauan dari kunjungan kerja Menhub, ternyata tidak didampingi pejabat Pemprov Sulsel termasuk Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo.#Amad/M7.

3,234 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

One Response

Tinggalkan Balasan

Dibagikan