Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Anggaran Peningkatan SDM Setwan di “Sunat”

Anggaran Peningkatan SDM Setwan di “Sunat”
Ilustrasi.(Net)

MAMUJU, MENIT7.com – Anggaran peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui kegiatan bimbingan teknis  (Bimtek), dalam suatu instansi baik pemerintahan dan swasta, merupakan hal yang normatif. Tetapi jika anggaran digelontorkan terkesan diduga dimanipulasi atau mark up, hal itu perlu dipertanyakan, selain merugikan keuangan negara juga melanggar aturan hukum.

Seperti dugaan terjadi di Sekertariat Dewan (Setwan) Provinsi Sulbar, kegiatan bersumber dari APBD 2017, dimana anggaran untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM)  diperuntukan sekitar 40 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS), tiap orang dialokasikan  anggaran senilai Rp7 juta sudah termasuk biaya akomodasi dan komsumsi selama kegiatan berlangsung, serta honor kegaiatan  Rp 3 juta perorang. Dan jika dikalikan dengan 40 PNS, maka  total anggaran Rp280 juta.

Dari informasi dirangkum didapatkan media ini, yang berangkat bukan PNS, tapi Pegawai Tidak Tetap (PTT) sejumlah 40 orang dengan angggaran tiap orangnya, seharus menerima honor Rp3 juta perorang selama 3 hari kegiatan, akan tetapi mereka hanya diberikan honor kegiatan senilai Rp1 juta, jika dijumlah total keseluruhan anggaran senilai Rp40 juta, jadi kuat dugaan ada selisih anggaran Rp240 juta alias “Mark Up”.

Kegiatan peningkatan SDM diselenggarakan di salah satu hotel  mewah di Kabupaten Polewali Mandar (Polman) seusai lebaran Idul Adha 2017 lalu.

Dikonfirmasi adanya dugaan “Mark Up” melalui Kepala Bagian (Kabag) Umum Hj.Imelda Pababari,  dengan tegas membantah jika anggaran Rp7 juta, sejumlah 40 orang ASN.

“Itu tidak betul, jika anggaran Rp7 juta setiap pegawai, saya saja dapat Rp3 juta, hanya ada 20 orang berangkat itu semuanya gabung antara PNS dan PTT,  honor juga bervariasi tergantung tingkatan jabatan dan golongan,” ucap Imelda, saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (21/11)

Lanjut, Imelda anggaran ini bersumber dari Anggaran Belanja Pendapatan Daerah (APBD) Sulbar tahun 2017. “Anggaran kegiatan Bimtek, bersumber dari APBD tahun 2017, itu jumlahnya sekitar Rp175 juta sampai dengan Rp200 juta,” kilahnya.#Jay/M7.

3,806 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

One Response

  1. ca cuoc the thao truc tuyenNovember 20, 2019 at 3:39 amReply

    … [Trackback]

    […] Read More here on that Topic: menit7.com/anggaran-peningkatan-sdm-setwan-di-sunat/ […]

Tinggalkan Balasan

Dibagikan