Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Andi Abdy: Pemberhentian Perangkat Desa Minasaupa, Sah

Andi Abdy: Pemberhentian Perangkat Desa Minasaupa, Sah

Maros, menit7.com – Polemik pemberhentian dua orang perangkat desa Minasaupa, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros syah karena sudah sesuai dengan Undang Undang dan Peraturan Menteri Dalam Negeri. Demikian dikatakan Ketua LSM Devisi Investigasi dan Monitoring, Andi Abdi SE, kepada media ini, Rabu, 18/03-2020.

Menurutnya, Kepala Desa terpilih, berhak mengangkat dan mengganti perangkat pemerintahan desa yang baru atau tetap memakai pemerintahan yang lama.

“Semua itu ada aturannya, dari regulasi UU turun PP, dan Permen, sampai Perbup, sudah mengatur tentang pemberhentian dan pengangkatan perangkat Desa,” kata Abdi.

Namun, lanjut dia, semua proses pemberhentian atau pengangkatan perangkat desa berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (UU Desa).

Selain itu juga diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (PP Desa).
Sebagaimana diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2015, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 83 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa (Permendagri Nomor 83 Tahun 2015), dan Permen 67 tahun 2017, yang telah disetujui BPD Desa dan di rekomendasikan Camat.

Abdi menjelaskan, dalam melakukan pengangkatan perangkat desa yang baru, terlebih dulu harus memberhentikan perangkat desa yang lama.

Sesuai mekanisme yang berlaku, lanjut Abdi, pengangkatan perangkat desa yang baru harus mendapatkan surat rekomendasi dari kantor kecamatan setempat.

“Untuk pemberhentian perangkat desa itu ada dua jenis, salah satunya orangnya telah meninggal dunia dan diberhentikan oleh kepala desa (kades),” jelasnya.

Dia menghimbau, agar perangkat desa yang diberhentikan, harus legowo, karena kepala desa mempunyai kewenangan penuh terhadap regulasi pengangkatan perangkat desa yang baru. “Jangan pemberhentian ini di politisasi, “tegasnya.

Adhyn Lowyer yang dikonfirmasi terkait hal tersebut juga mengatakan, pemberhentian perangkat Desa Minasaupa sudah sesuai dengan Undang – Undang.

Adhyn berjanji siap mendampingi Kepala Desa Minasaupa jika kasus ini berlanjut, tegasnya. (az/ira)

5,979 kali dilihat, 106 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan