Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Anak Karakatau Kembali Meletus, Sehari 576 Kali Erupsi

Anak Karakatau Kembali Meletus, Sehari 576 Kali Erupsi
Foto : dok BMKG

Menit7.com-   Masih ingat  Gunung Anak karakatau,  Gunung ini pernah menggemparkan dunia salat melatus pertama kali. Gunung  terletak  di Selat Sunda Provinsi Lampung kembali meletus.  Sedikitnya sudah  terjadi  576 kali letusan  secara beruntung dengan semburan debu ke udara, sejak Sabtu kemarin.

Pengamatan Pos Gunung Anak Krakatau PVMBG melaporkan ,  erupsi sebanyak 576 selama sehari pada Sabtu (18/8). Tinggi letusan bervariasi,  100 meter hingga 500 meter dari puncak kawah,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangannya, Minggu (19/8/).

Menurut Sutopo amplitudo dan durasi letusan Gunung Anak Krakatau bervariasi. Letusan itu mengakibatkan lontaran abu vulkanik dan pasir ke udara. Selama 24 jam dari pukul 00.00-24.00 WIB pada Sabtu (18/8), telah  meletus 576 kali kejadian dengan amplitudo 23-44 mm, dan durasi letusan 19-255 detik.

 

Letusan disertai lontaran abu vulkanik, pasir, lontaran batu pijar, dan suara dentuman. Secara visual pada malam hari teramati sinar api dan guguran lava pijar. Hembusan berlangsung 80 kali kejadian, amplitudo 5-30 mm dengan durasi 10-80 detik,” paparnya.

“Meskipun terjadi letusan sebanyak 576 kali, namun tidak ada letusan yang besar yang menimbulkan dampak merusak. Letusan yang terjadi hanya kecil namun beruntun. Letusan tidak berpengaruh pada jalur penerbangan dan jalur pelayaran di Selat Sunda,” terangnya.(dtk/uc)

 

128 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan