Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Ali Baal: Koordinasi Kunci Penanggulangan Bencana Daerah

Ali Baal: Koordinasi Kunci Penanggulangan Bencana Daerah
Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara Pelatihan Penyusunan Base Line Data dalam rangka penilaian kerusakan dan kerugian akibat bencana yang berlangsung di Hotel Maleo, Mamuju, Jumat 03 Agustus 2018 ( foto: desi)

Mamuju,Menit7.com – Kegiatan BPBD ini  sangat bagus untuk menafsir kerusakan akibat bencana, dan dapat menyiapkan serta menanggulangi bencana daerah. Apalagi dengan kordinasi yang baik bersama Dinas Kehutanan, Pertanian, dan Perikanan agar menjaga lingkungan.

Hal tersebut  dikatakan Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, saat membuka  saat membuka  acara pelatihan Penyusunan Baseline Data dalam rangka penilaian kerusakan dan kerugian akibat bencana di Hotel Maleo, Jumat, 3 Agustus 2018, yang dilaksanakan oleh kantor BNPD provinsi Sulbar.

 

“Karena itu saya harap, para peserta mengikuti dengan seksama kegiatan ini, agar lebih mengerti. Kepada semeua pihak, saya juga menghimbau untuk bersama-sama menjaga lingkungan di sekitar kita, karena hal tersebut merupakan tanggung jawab semua pihak . Yang terpenting , menjaga komunikasi dan lakukan koordinasi yang baik sehingga untuk meminimalisir segala bencana,” kata Ali Baal.

 

Masih kata Ali Baal, saat ini di Sulbar, setiap kabupaten terdapat BPBD, termasuk di Provinsi. Selain itu, juga ada Basarnas dan Tagana yang ada di bawah naungan Dinas Sosial. Untuk itu, diperlukan kordinasi antara satu dengan yang lain terkait rencana apa saja yang akan dilakukan dalam penanggulangan bencana daerah.

Sementara itu, Kepala BPBD Sulbar, Darno Madjid mengatakan, pelatihan baseline data yang dihadiri peserta dari enam kabupaten tersebut juga dimaksud untuk mengarahkan bagaimana daerah bisa menghitung kerusakan setelah terjadi bencana, juga bagaimana memelihara peralatan yang ada dengan meminimalkan anggaran dengan menggunakannya se-efisien mungkin.

 

“Pelatihan ini juga dimaksudkan untuk membahas teknis penyusunan baseline data lingkup Pemprov Sulbar, juga diharapkan para peserta dapat memahami pemeliharaan aset yang ada di BPBD, karena peralatan merupakan roh dan nyawa kita di BPBD ini. Apalagi hadir sebagai narasumber kita hari ini dari BPBD RI bidang ahli data, Marlina Adisty,” tandas Darno. (kominfo/dila/menit7)

138 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Dibagikan