Pemerintah Kabupaten Mamuju~Mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah

Ada Bencana Tak ada Bencana BNPBD Harus Siap

Ada Bencana Tak ada Bencana BNPBD Harus Siap

MAMUJU, MENIT7.COM- Ada bencana tak ada bencana Badan Bencana tetap harus siap siaga, karena bencana datangnya tidak bisa di peredksi. siap secara personil maupun siap peralatan. Prinsip ini di terapkan Kepala Badan Nasional Penanggulanagn Bencana Daerah Provinsi Sulawesi Barat, H. Darno Majid, S.Pd,MM, ketika kembali menjadi nokada di kantor Badan Bencana di Sulawesi Barat.

Menurut Darno Majid, sebagai OPD terdepan dalam penanganan bencana pihak selalu alam kondisi siap-siaga,setiap peralatan sudah dipastikan dalam kondisi baik dan siap digerakan serta digunakan kapan saja dibutuhkan. Untuk pemeliharaan perlatan merupakan skala prioritas baik itu kenderaan maupun peralatan lainnya.

“ Beberapa hari lalu kami melakukan gelar perawatan kenderaan di Kecamatan Papang, pantai Beringin Cinta, untuk melakukan uji kenderaan guna melihat langsung kondisi kenderaan dan perlatannya, apakah konsisi baik atau tidak, ternyata dari gelar itu ditemukan ada beberapa kenderaan yang kondisinya rusak, tidak bisa bunyi, itu karena tidak pernah jalan”
Lanjut di BNPBD ini memang terkadala masalah biaya.

Untuk memanaskan kenderaan ( Bunyi red) membutuhkan bahan bakar paling sedeikit 500 liter setiap hari, jadi memang membutuhkan dana yang besar. Untuk gelar kenderaan di pantai Papalang dananya swadaya dari semua anggota, kalau tidak dilakukan seperti itu, kwatir kenderaan banyak mengalami kerusakan, dan paling sedih kalau saat ada bencana lantas kenderaan tidak bisa di operasikan. Untuk itu semoga Pemerintah Provinsi Sulbar, melalui Bapak Gubernur memberikan perhatian khusus di BNPBD Sulawesi Barat, kata Darno Majid.

Kendala lain yang dihadapi adalah adanya beberapa personil yang baru masuk dari mutasi beberapa bulan lalu, sehingga memerlukan adaptasi karena di BNPD memerluksn keahlian menangani bencana dan itu perlu pelatihan khusus. Untuk itu visi misi kami adalah bagaimana semua kenderaan atau peralatan yang di miliki dapat digunakan saat dibutuhkan, melakukan koordinasi disetiap kabupaten dan Pemerintah Pusat, dan tak kala pentingnya adalah peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) setiap personil, saat dibutuhkan sudah harus siap tidak ada lagi alasan tidak siap, tegasnya.( Ucheng/adv)

392 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Nomor 4 MUHAMMAD QHAIRIL MUZAKKIR, SE

Dibagikan